Pengertian Kelas dan Object pada Java beserta contohnya


Kelas (Class)

  • Kelas (class) merupakan konsep atau blue print dari objek. Program yang dibangun dengan menggunakan bahasa Java minimal harus berisi satu kelas. Kelas pada pemrograman Java disimpan di dalam file yang berekstensi .java. Nama yang digunakan untuk file tersebut harus sama dengan nama kelas yang telah dideklarasikan, termasuk besar dan kecil huruf yang digunakan. Contoh sebagai berikut. merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.



Statemen pada bahasa Java yang digunakan untuk mendeklarasikan suatu kelas adalah sebagai berikut.

Mendeklarasikan Kelas
[modifier] class identifier {
}
Suatu kelas pada bahasa Java berisi field / atribut dan metode. Field / atribut berfungsi untuk mendefinisikan data, sedangkan metode berfungsi untuk mendefinisikan operasi atau aksi atau tindakan suatu kelas. Contoh untuk kelas, field, dan metode ini adalah sebagai berikut.
Kelas : Persegi

Field : Panjang dan lebar
Metode : hitungLuas
 Objek (Object)

  • Objek di dunia pemrograman mirip dengan objek yang ada di dunia nyata, yaitu sesuatu yang benar nyata keberadaannya. Misalnya, dosen, mahasiswa, ayam, kucing, dan lain-lain. Pada dunia pemrograman, objek adalah turunan dari suatu kelas yang telah dideklarasikan. Objek dibagi manjadi 2 bagian, yaitu atribut (attribute) dan metode (method). Atribut berfungsi untuk mendeskripsikan data atau informasi yang berhubungan dengan objek, sedangkan metode berfungsi untuk mendeskripsikan tingkah laku atau pekerjaan yang dapat dilakukan oleh objek. . Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.


Berikut merupakan 2 jenis statemen yang digunakan untuk mendeklarasikan objek pada bahasa Java.
Mendeklarasikan Objek

tipe_variabel identifier;
identifier = new konstruktor();
tipe_variabel identifier = new konstruktor();




Tipe variabel merupakan nama kelas yang telah dideklarasikan, sedangkan konstruktor merupakan suatu metode yang harus dipanggil ketika ada pembuatan objek. Nama konstruktor harus sama dengan nama kelas yang telah dideklarasikan, termasuk besar dan kecil huruf yang digunakan.
 
Labels: Informasi, What This?

Thanks for reading Pengertian Kelas dan Object pada Java beserta contohnya. Please share...!

1 Comment for "Pengertian Kelas dan Object pada Java beserta contohnya"

Heath Iron - Titanium Art
Iron is a silver oxide in a stainless steel frame. titanium pots and pans It can titanium men\'s wedding band be polished titanium prices and ford fusion titanium polished using natural technique. This gold-and-gold harbor freight titanium welder oxide is used in making

berkomentarlah dengan bijak

Search This Blog

Blog Archive

Back To Top