Metode Dalam Java Beserta Contohnya


                                                                  METODE DALAM JAVA


  • Metode pada OOP (Object Oriented Programming) merupakan suatu operasi atau aksi atau tindakan yang dapat dilakukan oleh kelas atau objek. Berikut adalah statemen yang digunakan untuk mendeklarasikan metode.
Deklarasikan Metode
[modifier] [tipe_nilai_balik] identifier(parameter) { [body method];
}


Suatu metode terdiri dari 2 bagian, yaitu header dan body. Bagian header terdiri dari modifier, tipe nilai balik, dan parameter. 
1. Modifier
Modifier atau access modifier merupakan karakteristik hak akses pada suatu metode. Pada bahasa pemrograman Java terdapat 4 jenis modifier, yaitu public, protected, default, dan private.Public, metode dapat diakses oleh sembarang kelas atau bersifat umum. Protected, metode hanya dapat diakses oleh kelas tertentu dan kelasturunannya.Default, metode hanya dapat diakses oleh kelas tertentu dalam satu paket (package).Private, metode hanya dapat diakses oleh suatu kelas saja.

2. Tipe nilai balik
Tipe nilai balik merupakan tipe data yang akan dikembalikan oleh metode kepada objek yang memanggilnya. Ada 2 jenis tipe nilai balik, yaitu pengembali nilai dan void. Pengembali nilai merupakan tipe nilai balik yang akan mengembalikan nilai, sedangkan void merupakan tipe nilai bali yang tidak mengembalikan nilai. Tipe nilai balik pengembali nilai ditandai dengan keyword return, sedangkan tipe nilai balik void (tanpa mengembalikan nilai) ditandai dengan keyword void. 
3. Parameter
Parameter merupakan tipe data dan nama variabel yang berguna sebagai masukkan untuk metode. Parameter ini bersifat opsional, artinya suatu metode dapat menggunakan parameter atau tidak menggunakan parameter apapun.
Selanjutnya, body merupakan bagian yang memuat statemen untuk mengolah data dan menampilkan informasi.
  • METODE GETTER DAN SETTER
Metode getter dan setter dalam OOP merupakan penerapan enkapsulasi. Enkapsulasi merupakan suatu teknik penyembunyian data dan informasi supaya data dan informasi tersebut tidak dapat diakses secara bebas dan aman. Selain pada metode, enkapasulasi ini dapat diterapkan juga pada kelas dan field atau atribut. Pada pemrograman Java penerapan enkapsulasi menggunakan access modifier yang terdiri dari 4 tingkatan akses, yaitu public, protected, default, dan private.
1. Metode Getter
Metode getter atau metode accessor merupakan metode yang digunakan untuk mengambil atau mengakses nilai dari variabel di dalam kelas tertentu.
2. Metode Setter
Metode setter atau metode mutator merupakan metode yang digunakan untuk mengatur atau mengubah nilai dari variabel di dalam kelas tertentu.

METODE OVERLOADING 
Metode overloading merupakan metode yang digunakan ketika di dalam suatu kelas terdapat 2 metode dengan nama yang sama, tetapi dengan tugas yang berbeda. Perbedaan tugas pada metode overloading ditunjukkan berdasarkan parameter (jumlah parameter, tipe data, dan urutan parameter) yang digunakan. Contoh:
void totalGaji (int gajiTetap, int tunjangan)
void totalGaji (int gajiTetap, int tunjangan, int bonus)

 

Labels: Informasi, What This?

Thanks for reading Metode Dalam Java Beserta Contohnya. Please share...!

0 Comment for "Metode Dalam Java Beserta Contohnya"

berkomentarlah dengan bijak

Search This Blog

Blog Archive

Back To Top