Contoh etika komputer , kejahatan komputer ,dan virus komputer



Contoh etika komputer , kejahatan komputer ,dan virus komputer


Dari perkembangan-perkembangan yang telah dikemukakan oleh para pemikir dunia komputer dapat disimpulkan bahwa etika komputer merupakan hal yang penting untuk membatasi adanya penyalahgunaan teknologi/komputer yang dapat merugikan orang lain. Dengan adanya etika komputer segala kegiatan yang dilakukan dalam dunia komputer memiliki aturan-aturan/nilai yang mempunyai dasar ilmu yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga etika komputer dapat membatasi apa saja yang boleh dilakukan dan apa saja yang menjadi pelanggaran dalam penggunaan komputer. Adapun isu-isu dalam Etika Komputer :

1.     Kejahatan Komputer(Computercrime)
Pesatnya perkembangan teknologi komputer membawa dampak positif bagi perkerjaan manusia sekarang ini, namun di sisi lain juga membawa dampak negatif terutama bagi pihak-pihak yang menyalahgunakan dan mencari keuntungan dengan cara yang tidak dibenarkan. Hal ini memunculkan suatu anggapan tentang kejahatan di dunia komputer yang sering disebut “Computercrime”. Kejahatan komputer juga dapat diartikan sebagai penggunaan komputer secara ilegal. Hal tersebut terjadi karena banyaknya orang yang melakukan kejahatan komputer mengabaikan adanya etika dalam penggunaan komputer.
2.     E-commerce
Perkembangan teknologi juga berpengaruh pada perekonomian dan perdagangan negara. Melalui internet transaksi perdagangan menjadi lebih cepat dan efisien. Namun perdagangan melalui internet ini memunculkan permasalahan baru seperti perlindungan konsumen, permasalahan kontrak transaksi, masalah pajak dan kasus-kasus pemalsuan tanda tangan digital. Untuk menangani hal tersebut, para penjual dan pembeli menggunakan Uncitral Model Law on Electronic Commerce 1996 sebagai acuan dalam melakukan transaksi lewat internet.
3.     Pelanggaran HAKI(Hak Atas Kekayaan Intelektual)
Kemudahan-kemudahan yang diberikan internet menyebabkan terjadinya pelanggatan HAKI seperti pembajakan program komputer, penjualan program ilegal dan pengunduha ilegal.
4.     Netiket
Internet merupakan salah satu bukti perkembangan pesat dari teknologi komputer. Internet merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan komputer di dunia sehingga komputer dapat mengakses satu sama lain. Internet menjadi peluang baru dalam perkembangan dunia bisnis, pendidikan, kesehatan, layanan pemerintah dan bidang-bidang lainnya. Melalui internet, interaksi manusia dapat dilakukan dari berbagai belahan dunia tanpa harus saling bertatap muka. Tingginya penggunaan internet melahirkan aturan baru di bidang internet yaitu netiket. Netiker merupakan etika acuan dalam berkomunikasi menggunakan internet. Standar netiket ditetapkan oleh IETF(The Internet Engineering Task Force), sebuah komunitas internasional ynag terdiri dari operator, perancang jaringan dan peneliti yang terkait dengan pengopersian internet.
5.     Tanggung Jawab Profesi
Seiring perkembangan teknologi, para profesional di bidang komputer sudah melakukan spesialisasi bidang pengetahuan dan sering kali mempunyai posisi yang tinggi dan terhormat di kalangan masyarakat. Maka dari itu mereka memiliki tanggung jawab yang tinggi, mencakup banyak hal dari konsekuensi profesi yang dijalaninya. Para profesional menemukan diri mereka dalam hubungan profesionalnya dengan orang lain. Mencakup pekerja dengan pekerjaan, klien dengan profesional, profesional dengan profesional lain, serta masyarakat dengan profesional.

Risiko keamanan computer (computer security risk) merupakan setiap peristiwa atau tindakan yang dapat mengakibatkan hilan atau rusaknya peranti keras, peranti lunak, data, informasi, kemampuan memproses computer.

Setiap tindakan yang melibatkan computer secara umum dan illegal dikenal dengan istilah kejahatan computer (computer crime). Istilah cybercrime (kejahatan di dunia cyber) mengacu pada tindakan illegal berbasis online atau internet. Para pelaku cybercrime dan gangguan lainnya dibagi menjadi tujuh kategori dasar : hacker, cracker, script kiddie, mata-mata perusahaan, karyawan tidak beretika, cyberexrortionist, dan cyberterrorist.
• Istilah hacker mempunyai arti yang merendahkan, dan mengacu pada seseorang yang mengakses computer atau jaringan secara illegal.
• Cracker adalah orang yang mengakses computer atau jaringan secara illegal namun memiliki niat untuk merusak data, mencuri informasi, atau tindak kejahatan lainnya.
• Script kiddie seperti seorang cracker namun tidak memiliki keahlian dan pengetahuan teknis.
• Mata-mata perusahaan memiliki keahlian computer dan jaringan yang hebat dan disewa untuk masuk ke dalam computer tertentu untuk mencuri data atau informasi milik orang lain.
• Karyawan tidak beretika masuk ke dalam computer atasan mereka dengan berbagai alasan.
• Cyberextortiorist adalah seorang yang menggunakan e-mail sebai lata pemerasan.
• Cyberterrorist adalah seseorang yang menggunakan internet atau jaringan untuk untuk menghancurkan atau merusak computer dengan alasan politis.

Serangan melalui internet dan jaringan

Serangan Internet da jaringan yang membahayakan keamanan meliputi virus computer, worm, dan Trojan horse ; denial of service ; serta penipuan (spoofing).

Virus computer, Worm, dan Trojan Horse
• Virus computer merupakan program yang berpotensi merusak computer yang mempengaruhi secara negative, atau menginfeksi, computer dengan mengubah cara kerja computer tanpa sepengetahuan atau seizing pengguna.
• Worm merupakan program yang menggandakan dirinya secara berulang-ulang.
• Trojan horse(dinamai menurut mitos Yunani) merupakan program yang bersembunyi di dalam atau tampak seperti program yang sah atau legal.




Cara pencegahan infeksi virus, worm, dan Trojan horse :
1. Jangan pernah menyalahkan computer apabila terdapat media removable pada drive atau terhubung ke port, kecuali media tersebut tidak terinfeksi.
2. Jangan pernah membuka lampiran e-mail kecuali Anda mengharapkan dan berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Matikan fungsi message preview.
3. Pilih keamanan macro dalam program sehingga anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan macro. Aktifkan macro hanya apabila dokumen berasal dari sumber yang dapat dipercaya dan anda memang mengharapkannya.
4. Pasang program antivirus pada seluruh computer anda. Dapatkan pembaruan (update) terhadap file signature virus pada suatu basis yang umum.
5. Cek semua program yang Anda unduh, apakah mengandung virus, worm, atau Trojan horse.
6. Apabila program antivirus anda menandakan bahwa lampiran e-mail mengandung infeksi, segera hapus lampiran tersebut.
7. Pasanglah program personal firewall.

Perlindungan dari serangan DoS, ack Door, dan IP Spoofing
Untik melindungi diri dari serangan DoS, pengguna back door yang tidak baik, dan IP spoofing, para pengguna dapat mengimplementasikan solusi irewall dan memasang peranti lunak pendetekdi intrusi.

Firewall
Firewall merupakan peranti keras dan/atau peranti lunak yang melindungi sumber-sumber jaringan dari penyusupan oleh para pengguna jaringan lain seperti Internet.
Peranti Lunak penddeteksi Intrusi
Peranti lunsk pendeteksi intrusi (intrusion detection software) yaitu menganalisis semua lalu lintas jaringan, memeriksa pertahanan system, mengedintifikasi setiap akses tanpa seizing (intrusi), dan memberitahu administrator jaringan mengenai pola-pola perilaku yang mencurigakan atau pelanggaran system.

Akses dan pengguna tak terotorisasi
Akses tak terisolasi (unauthorized access) merupakan penggunaan computer atau jaringan tanpa izin. Pengguna tak terotorisasi (unauthorized use) merupakan pengguna computer atau data-data didalamnya untuk aktivitas yang mungkin illegal atau tanpa persetujuan penggunanya.

Pencurian dan perusakan peranti keras
Pencurian peranti keras (hardware theft) merupakan tindakan mencuri peralatan computer. Sedangkan Perusakan peranti (hardware vandalism) merupakan tindakan merusak atau menghancurkan peralatan computer.

Kegagalan system
Kegagalan system (system failture) adalah malfungsi computer untuk waktu yang panjang. Kegagalan system dapat menyebabkan hilangnya peranti keras, peranti lunak, data, atau informasi.





Perlindungan dari kegagalan system
Perlindunagan dari kegagalan system yaitu dengan menggunakan perlindungan tegangan (surge protector) menggunakan komponen elektronik khusus untuk memberikan aliran listrik yang stabil bagi computer dan peralatan elektronik lainnya.
Uninterrutible power supply (UPS) merupakan perangkat yang memiliki rangkaian pelindung tegangan dan satu atau beberapa baterai yang dapat memberikan daya selama hilangnya daya dari jalur listrik.



Labels: Informasi, What This?

Thanks for reading Contoh etika komputer , kejahatan komputer ,dan virus komputer. Please share...!

0 Comment for "Contoh etika komputer , kejahatan komputer ,dan virus komputer"

berkomentarlah dengan bijak

Search This Blog

Blog Archive

Back To Top